contoh sebuah makalah


KATA PENGANTAR

puji Syukur ke hadirat tuhan yang maha esa . Karena atas rahmad, hidayah dan ridho-Nya, setelah melalui berbagai kesulitan akhirnya saya dapat menyelesaikan makalah yang sederhana ini.
Saya menyadari bahwa dalam laporan ini masih belum sempurna, yang dikarenakan adanya keterbatasan waktu yang diberikan. Tetapi berkat bimbingan dan pengarahan dari berbagai pihak maka saya dapat menyusun makalah ini dengan lancar dan semoga dapat bermanfaat bagi semua pihak.
Saya sangat mengharap saran, pendapat, maupun kritik yang bersifat membangun. Semoga makalah yang sangat sederhana ini dapat bermanfaat bagi semua pihak. Sebagai manusia biasa saya tidak luput dari kekurangan dan kesalahan. Bila ada kesalahan itu datangnya dari saya pribadi dan bila ada kebenaran dan kabaikan itu dari Allah SWT. Semata. Untuk itu bila ada kesalahan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.








BAB I
PENDAHULUAN


I.1. Latar belakang
Untuk mengulas seputar Diesel, baik perbedaan maupun keunggulannya di banding mesin – mesin lain.


I.2. Rumusan masalah
Berdasarkan permasalahan diatas, maka penulis merumuskan permasalahan tentang pengertian dasar tentang Diesel, cara kerja dan keunggulan serta perbedaannya dengan mesin – mesin lain.


I.3. Tujuan penulisan
Agar kita mengerti tentang Diesel pada umumnya. Serta untuk menambah wawasan kita dan pengalaman.







BAB II
PENGERTIAN

II.1. PENGERTIAN DASAR

Mesin diesel adalah sejenis mesin pembakaran dalam; lebih spesifik lagi, sebuah mesin pemicu kompresi, dimana bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi lain (seperti busi).
Mesin ini ditemukan pada tahun 1892 oleh Rudolf Diesel, yang menerima paten pada 23 Februari 1893. Diesel menginginkan sebuah mesin untuk dapat digunakan dengan berbagai macam bahan bakar termasuk debu batu bara.
Dia mempertunjukkannya pada Exposition Universelle (Pameran Dunia) tahun 1900 dengan menggunakan minyak kacang (lihat biodiesel). Kemudian diperbaiki dan disempurnakan oleh Charles F. Kettering.











II.2. Cara kerja mesin Diesel & Klasifikasinya

Pada prinsipnya kerja mesin diesel memiliki empat langkah piston (4-stroke atau di pasaran dikenal dengan 4-tak) sepeti halnya mesin bensin. Yaitu udara murni dihisap ke dalam silinder melalui saluran masuk (intake manifold) lalu dikompresikan oleh piston. Sehingga tekanan dan termperaturnya naik. Pada akhir langkah kompresi bahan bakar mesin diesel di-injeksikan ke dalam silinder melalui nozzle dalam tekanan tinggi. Proses ini mengakibatkan terjadinya penyalaan dalam ruang bakar dan menghasilkan ledakan yang akan mendorong piston.
Gerak translasi piston yang dihasilkan oleh ledakan tadi adalah sebuah usaha/gaya yang akan diteruskan ke poros engkol untuk dirubah menjadi gerak rotasi. Gerak rotasi poros engkol yang terhubung dengan fly wheel mengakibatkan piston terdorong kembali untuk menekan gas sisa pembakaran ke luar silinder melalui saluran buang (exhaust manifold).
Mesin diesel sulit beroperasi pada saat silinder dingin. Untuk membantu mesin melakukan gerak mula pada saat silinder dingin beberapa mesin menggunakan busi pemanas (glow plug) untuk memanaskan silinder sebelum penyalaan mesin. Lainnya menggunakan pemanas “resistive grid” dalam “intake manifold” untuk menghangatkan udara masuk sampai mesin mencapai suhu operasi. Setelah mesin beroperasi pembakaran bahan bakar dalam silinder dengan efektif memanaskan mesin. Busi pemanas ini tidak digunakan pada mesin diesel jenis direct injenction.
disuntikkan ke ruang bakar dalam tekanan tinggi melalui nozzle supaya bercampur dengan udara panas yang bertekanan tinggi.
Hasil pencampuran ini menyala dan membakar dengan cepat. Penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar mulai dilakukan saat piston mendekati (sangat dekat) TMA untuk menghindari detonasi. Penyemprotan bahan bakar yang langsung ke ruang bakar di atas piston dinamakan injeksi langsung (direct injection) sedangkan penyemprotan bahan bakar kedalam ruang khusus yang berhubungan langsung dengan ruang bakar utama dimana piston berada dinamakan injeksi tidak langsung (indirect injection).
Ledakan tertutup ini menyebabkan gas dalam ruang pembakaran mengembang dengan cepat, mendorong piston ke bawah dan menghasilkan tenaga linear. Batang penghubung (connecting rod) menyalurkan gerakan ini ke crankshaft dan oleh crankshaft tenaga linear tadi diubah menjadi tenaga putar. Tenaga putar pada ujung poros crankshaft dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.













Untuk meningkatkan kemampuan mesin diesel, umumnya ditambahkan komponen :

1. Turbocharger atau supercharger untuk memperbanyak volume udara yang masuk ruang bakar karena udara yang masuk ruang bakar didorong oleh turbin pada turbo/supercharger.
2. Intercooler untuk mendinginkan udara yang akan masuk ruang bakar.

Udara yang panas volumenya akan mengembang begitu juga sebaliknya, maka dengan didinginkan bertujuan supaya udara yang menempati ruang bakar bisa lebih banyak.
Mesin diesel sulit untuk hidup pada saat mesin dalam kondisi dingin. Beberapa mesin menggunakan pemanas elektronik kecil yang disebut busi menyala (spark/glow plug) di dalam silinder untuk memanaskan ruang bakar sebelum penyalaan mesin. Lainnya menggunakan pemanas "resistive grid" dalam "intake manifold" untuk menghangatkan udara masuk sampai mesin mencapai suhu operasi. Setelah mesin beroperasi pembakaran bahan bakar dalam silinder dengan efektif memanaskan mesin.
Dalam cuaca yang sangat dingin, bahan bakar diesel mengental dan meningkatkan viscositas dan membentuk kristal lilin atau gel. Ini dapat mempengaruhi sistem bahan bakar dari tanki sampai nozzle, membuat penyalaan mesin dalam cuaca dingin menjadi sulit. Cara umum yang dipakai adalah untuk memanaskan penyaring bahan bakar dan jalur bahan bakar secara elektronik.
BAB III
TIPE – TIPE MESIN DIESEL

III.1. Tipe mesin diesel

Ada dua kelas mesin diesel: dua-stroke dan empat-stroke. banyak mesin diesel besar bertipe mesin dua tak. Mesin yang lebih kecil biasanya menggunakan tipe mesin empat tak.
Biasanya jumlah silinder dalam kelipatan dua, meskipun berapapun jumlah silinder dapat digunakan selama poros engkol dapat diseimbangkan untuk mencegah getaran yang berlebihan. Inline-6 paling banyak diproduksi dalam mesin tugas-medium ke tugas-berat, meskipun V8 dan straight-4 juga banyak diproduksi.
Keunggulan dan kelemahan dibanding dengan mesin busi-nyala
Untuk keluaran tenaga yang sama, ukuran mesin diesel lebih besar daripada mesin bensin karena konstruksi besar diperlukan supaya dapat bertahan dalam tekanan tinggi untuk pembakaran atau penyalaan. Dengan konstruksi yang besar tersebut penggemar modifikasi relatif mudah dan murah untuk meningkatkan tenaga dengan penambahan turbocharger tanpa terlalu memikirkan ketahanan komponen terhadap takanan yang tinggi. Mesin bensin perlu perhitungan yang lebih cermat untuk modifikasi peningkatan tenaga karena pada umumnya komponen di dalamnya tidak mampu menahan tekanan tinggi, dan menjadikan mesin diesel kandidat untuk modifikasi mesin dengan biaya murah.
BAB IV
DIAGNOSIS & KARAKTERISTIK DARI MESIN DIESEL

IV.1. Bagaimana Mendiagnosis Mesin Diesel

Bagaimana Mendiagnosis Mesin Diesel, KONSTRUKSI mesin diesel dengan mesin bensin pada dasarnya sama saja. Keduanya memiliki torak dengan cincin toraknya yang bergerak naik turun di dalam silinder. Keduanya juga membakar bahan bakar pada ruang pembakaran yang terletak di bagian atas silinder.
Tekanan yang tinggi dihasilkan dari pembakaran yang mampu mendorong torak ke bawah. Hal ini akan memutarkan poros engkol dan gerak putar ini diteruskan ke poros dan roda gigi untuk menggerakkan roda penggerak.
IV.2. Karakteristik mesin diesel

Pada mesin diesel memiliki karakteristik sebagai berikut:
1. Tidak terdapat katup trotel (kecuali pada mesin yang menggunakan gavernor pneumatik).
2. Pada langkah kompresi, yang ditekan hanyalah udara.
3. Panas akibat penekanan akan membakar bahan bakar sesaat setelah bahan bakar disemprotkan pada silinder mesin.
4. Memiliki perbandingan kompresi yang tinggi, yaitu 16:1 sampai 22:1.
5. Pengaturan daya dan kecepatan mesin hanya dengan jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke dalam silinder. Lebih banyak bahan bakar lebih besar tenaga yang dihasilkan.
6. Terdapat busi pijar atau sebuah pemanas listrik pada manifold isap untuk mempermudah penstarteran.


Servis mesin diesel, Pada dasarnya prosedur dalam menyervis mesin diesel sama saja dengan servis pada mesin bensin. Pada gambar 2 adalah bagian bagan diagnosis gangguan sistem injeksi bahan bakar pada mesin diesel. Pompa transfer atau pompa pemasok bahan bakar dapat disamakan dengan pompa bahan bakar mekanik pada mesin bensin.
Gangguan udara yang masuk pada saluran balik bahan bakar mesin diesel diakibatkan kebocoran pada saluran antara pompa dan tanki bahan bakar. Saluran injeksi pada sistem injeksi bahan bakar mesin diesel yaitu pipa-pipa injeksi, menyediakan bahan bakar bertekanan tinggi dari pompa injeksi ke nozel injeksi.
Apabila akan mengganti pipa-pipa injeksi, tentunya harus sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan pabrik. Jangan sekali-kali membuka tutup saluran, nozel, dan fiting pompa, karena

tutup-tutup tersebut merupakan pelindung debu atau kotoran yang dapat masuk ke dalam sistem bahan bakar.
Filter bahan bakar memerlukan penggantian secara berkala sesuai rekomendasi pabrik. Jangan sekali-kali membongkar nozel injeksi, kecuali untuk diperbaiki atau diganti.
Berikut ini merupakan gangguan pada nozel injeksi yang dapat mengakibatkan :
1. Satu atau lebih silinder mengalami ketukan.
2. Kehilangan tenaga.
3 Asap gas buang berwarna hitam.
4. Mesin mengalami panas yang berlebihan.
5. Pemakaian bahan bakar boros. Satu cara yang mudah untuk memeriksa nozel.

 (Much. Abdullah Nurhidayat Pemerhati SDM bidang Mekanik Otomotif, mengajar di SMK Prakarya Internasional I Bandung).
Sebelumnya banyak orang beranggapan bahwa mesin diesel itu kotor, kasar dan lambat. Maka, mesin diesel diidentikan dengan truk, kendaraan berat, traktor dan yang lainnya. Tapi, seiring dengan perkembangan teknologi otomotif anggapan harus dihilangkan. Penyempurnaan pembakaraan dan teknologi catalyc converter berhasil membersihkan gas buang. Audi R40 telah membuktikan ketahanan mesin diesel dengan menjuarai lomba ketahanan mesin 24 jam di Le Mans 2006. Dan yang menarik dari mesn diesel adalah mesin diesel dikenal hemat dalam hal konsumsi bahan bakar dan memiliki torsi yang besar. Menurut pabrikan mobil PSA, teknologi diesel terbaru bisa mencapai efesiensi bahan bakar sebesar 20 % dibandingkan teknologi tahun 1980-an dengan peningkatan tenaga dua kali lipat.
Kendaraan dengan mesin diesel terbaru bisa mencapai jarak 100 km hanya dengan 3 liter bahan bakar.
























BAB V
PENUTUP

V.1. Kesimpulan

Dari berbagai ulasan – ulasan diatas, diharapkan kita dapat mengerti, setidaknya tentang dasar, dan cara kerja diesel. Sebenarnya mesin diesel tidak terlalu sulit seperti kelihatannya, hanya butuh ketekunan dan kemauan untuk bisa. Demikian makalah ini kami buat untuk memenuhi tugas dari mata kuliah “OTOMOTIF 2”, kami selaku penyusun mohon maaf apabila dalam makalah ini ada kata – kata yang tidak berkenan, maupun kurang sopan.